Faktor Yang
mempengaruhi Iklim Bisnis di Indonesia ?
Menurut beberapa sumber
dan menurut apa yang saya lihat & rasakan secara pribadi , faktor yang
mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia diantaranya yaitu :
- Inflasi
Contoh : Jika harga suatu barang
melonjak dari harga awal , maka permintaan barang akan menurun dan membuat
bisnis tersendat .
- Pengangguran
Contoh : Jika angka pengangguran di
Indonesia tinggi , pasti akan mempengaruhi daya beli masyarakat tertentu bisa
dikatakan masyarakat tidak mampu membeli barang yang ditawarkan
- Tabungan dan investasi
Contoh : semakin banyak tabungan dan
investasi masyarakat di Bank , semakin memungkinkan juga pinjaman Dana untuk
sektor bisnis itu sendiri .
- Pemerintah
Contoh : keputusan pemerintah untuk
menyetujui perdagangan bebas , akan berakibat pada sektor di Indonesia sendiri
apakah akan terpuruk karena banyaknya pesaing atau bisa memasarkan produknya ke
luar Negeri dan diterima masyarakat luar
- Produktifitas
Contoh : semakin tinggi produktifitas
sebuah konveksi , semakin banyak pula tenaga kerja yang diserap .
- Konsumen
Contoh :
semakin banyak konsumen yang merasa puas terhadap suatu barang , semakin
memungkinkan juga untuk perusahaan mengembangkan usahanya .
- Lembaga keuangan
Contoh : Bank memberikan pinjaman
modal kepada sebuah perusahaan untuk memperkuat bisnis nya .
- Rival
Contoh : tempat fotocopy disetiap
sudut kampus mempengaruhi pendapatan perhari satu tempat fotocopy itu sendiri .
semakin banyak rival , semakin sempurna persaingannya .
- Tekhnologi
Contoh : bisnis online mempermudah
transaksi , mempertemukan penjual dan pembeli hanya lewat sebuah monitor .
- Kualitas & harga barang
Contoh : semakin murah & bagus
kualitas barang suatu produk , semakin banyak orang yang mencarinya.
- Lingkungan
Contoh : Dilingkungan rumah kos dan
rumah kontrakan terdapat banyak warteg , rumah makan padang , laundry , dsb .
- Selera
Contoh : Karena selera orang
berbeda-beda , dibuatlah beberapa alternatif warna , model dan bahan suatu
pakaian
- Trend
Contoh : Trend baju syahrini ,
Ashanti , Ayu ting-ting menginspirasi sebuah konveksi untuk membuat dan
memasarkannya
- Musim
Contoh : musim hujan , orang pasti
akan banyak membeli payung , baju hangat , mantel , dsb
- Kreatifitas
Contoh : pembuat tas handmade karena
kreatifitasnya , bisa memasarkan produknya hingga ke mancan negara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
No Comment ? It's ok . Visit Latter :)