3 Okt 2012

Tugas 2


Mengapa memilih akuntansi ?

Berawal dari angan seorang anak berumur 6 tahun , ketika pertamakali di ajak ke sebuah Bank Swasta oleh kakeknya , dan anak itu adalah saya ketika kecil .

Waktu itu antrian di Bank cukup ramai , otomatis saya dan kakek saya menunggu di kursi yang telah disediakan . Sejak pertama duduk , saya terus memperhatikan teller Bank yang melayani nasabahnya dengan tetap mempertahankan keramahan dan kesopanananya . Teller nya seorang perempuan , memakai seragam Bank , dengan rambut di sanggul sederhana . Pikiran saya waktu itu adalah ‘enak banget kerja di Bank gini , ruangan ber-AC , pake baju bagus , dandan cantik , duduk dikursi empuk pula‘ . Dalam perjalanan pulang saya bertekad , tekad seorang anak berumur 6 tahun , ‘ Kalau saya besar , saya harus kerja di Bank ‘ . Dan setiap kali saya pergi ke Bank manapun selalu bertekad ‘kelak saya akan bekerja disini’ . Itu Cita – cita saya !

Hingga ketika saya memilih jurusan di Sekolah Menengah Atas . Semua anak tidak terkecuali saya berada dalam sebuah dilema , ‘ saya pilih IPA atau IPS ya ? iyasih katanya kalau masuk IPA gengsinya gede , tapi kalau saya pilih IPA saya yakin mampu atau tidak dengan mata pelajarannya ? ‘ . Banyak teman – teman saya yang kemampuan akademiknya bisa dibilang ‘kurang mampu’ dalam mata pelajaran exact tetap memilih jurusan IPA karena faktor paksaan orangtua ataupun gengsinya terhadap status anak IPA itu sendiri .

Untunglah orangtua dan keluarga saya tidak pernah memaksakan kehendaknya , mereka menyerahkan semua keputusan kepada saya . Karena saya yang tahu batas kemampuan dan kelemahan saya sendiri , asal saya dapat mempertanggung jawabkan itu mereka silahkan-silahkan saja . Dan sampai sekarangpun begitu .

Karena watak saya yang keras kepala , bodoamat orang mau pilih yang mana , kata orang anak-anak sosial itu liar lah , gak bisa disiplin dan sebagainya-dan sebagainya , terserah  mau ngomong apa !  mau menilai rendah jurusan IPS ? tapi kalau kata hati saya harus A saya pasti pilih A , ya meskipun kadang-kadang dilanda dilema juga . Dan akhirnya saya pilih IPS , karena memang modal saya untuk mencapai cita-cita saya itu ada dalam lingkup Ilmu Sosial . Masalah pergaulan , itu tergantung dari niat awal , dan pola pikir orang itu sendiri , itu menurut saya .

Dan ketika pertamakalinya saya dihadapkan dengan pelajaran akuntansi , dan pertamakalinya mengenal istilah aktiva , pasiva ,laporan keungan , laporan laba/rugi ,jurnal umum , jurnal khusus , dan sebagainya yang berhubungan dengan akuntansi . Saya merasa enjoy dengan itu semua , mungkin karena diawal dan materiya masih ringan mungkin juga karena saya dan akuntansi mempunyai chemistry , entahlah .

Dan salah satu motivasi saya untuk kembali memperdalam akuntansi itu adalah guru akuntansi saya ketika di Sekolah Menengah Atas dulu . Beliau pernah bilang “ Lapangan pekerjaan dibidang akuntansi itu sangat berpeluang , tinggal memperkuat Iman kamu saja agar tidak tergiur untuk menjadi Gayus .  “

Ya ! dan akhirya saya disini , di jurusan Akuntansi ! ini adalah angan , cita-cita saya ketika kecil dan saya mencoba menggapai itu , melakukan yang terbaik dan Insya Allah akan berbuah baik juga .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Comment ? It's ok . Visit Latter :)