16 Nov 2014

Tugas 1_ Ikhtisar

Kegiatan menulis diperguruan tinggi merupakan sebuah kebutuhan yang mau tidak mau harus dikuasai oleh setiap mahasiswa . Karena dengan kegiatan menulis ini bisa mengasah kemampuan mahasiswa untuk berfikir secara terencana,terstruktur,sistematis dan masif.

Untuk bisa menjadi penulis yang mahir, kita harus memahami terlebih dahulu poin-poin dibawah ini dan kegunaan poin-poin tersebut dalam sebuah tulisan. Poin yang harus dikuasai yaitu :
1.    Ragam Bahasa
2. Ejaan
3. Diksi
4. Kalimat efektif
5. Alinea dan Pengembangannya
6. Perencanaan Penulisan Karangan Ilmiah
7. Kerangka Karangan
8. Kutipan dan Daftar Pustaka

Ragam Bahasa merupakan variasi bahasa menurut pemakaian, yang berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara, kawan bicara, dan orang yg dibicarakan, serta menurut medium pembicaraan. Jadi kita harus memilah bahasa mana yang sesuai dengan karya tulis kita.

Ejaan adalah penggambaran bunyi bahasa (kata, kalimat, dsb) dengan kaidah tulisan (huruf) yang distandardisasikan dan mempunyai makna. Ejaan Yang Disempurnakan merupakan salah satu aspek yang tidak kalah penting yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah karya tulis.

Diksi adalah pemilihan kata yang sesuai dengan apa yang hendak kita ungkapkan. Diksi mencakup pengertian kata mana yang harus dipakai untuk mencapai suatu gagasan, bagaimana membentuk pengelompokan kata yang tepat atau menggunakan ungkapan-ungkapan, dan gaya mana yang paling baik digunakan dalam suatu situasi.

Kalimat efektif adalah kalimat yang mengungkapkan pikiran atau gagasan yang disampaikan sehingga dapat dipahami dan dimengerti oleh orang lain. Ketika kita menjelaskan sesuatu kepada pembaca kalimat yang digunakan haruslah mudah dipahami dan tidak berbelit-belit.

Alinea dan pengembangannya alinea adalah bagian bab dalam suatu karangan. Dalam menulis kita hendaknya memilih jenis alinea yang akan kita gunakan dan pengembangan alinea seperti apa yang akan kita gunakan.

Kerangka karangan adalah rencana penulisan yang memuat garis-garis besar dari suatu karangan yang akan ditulis, dan merupakan rangkaian ide-ide yang disusun secara sistematis, logis, jelas, terstruktur, dan teratur.

Kutipan dan daftar pustaka adalah pengambil alihan satu klimat atau lebih dari karya tulisan lain untuk tujuan ilustrasi atau memperkokoh argument dalam tulisan itu sendiri. Kutipan sering kita pakai dalam penulisan karya ilmiah. sedangkan daftar pustaka adalah keterangan sumber atau referensi yang kita gunakan dalam membuat karya tulis.

Demikian adalah pembahasan mengenai bagian-bagian dalam tulisan. Untuk dapat menyusun sebuah karya tulis , mahasiswa diharapkan menguasai semua point diatas supaya dapat menghasilkan sebuah karya tulis yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan Bahasa Indonesia.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Comment ? It's ok . Visit Latter :)