19 Nov 2012

Tugas 6



Apa yang anda ketahui tentang Franchising ( waralaba ) ?

Franchising atau waralaba adalah sebuah perusahaan atau badan usaha yang memiliki label atau merek hasil cipta,karya dan milik nya sendiri untuk kemudian dia pergunakan atau dia jual kembali.


Franchising Asing

Franchising asing adalah sebuah label atau merek yang dimiliki oleh franchisor  ( pemberi waralaba ) asing . Franchising asing lebih banyak diminati franchisee ( penerima waralaba ) karena kualitas dan keberadaannya tidak perlu diragukan lagi , dan juga lebih bergengsi.


Contoh franchising asing , diantaranya :

1.    Pizza Hut
2.    KFC
3.    Wendys
4.    Lawson
5.    Mc Donald’s
6.    Starbucks coffee
7.    Pepsi
8.    J.Co
9.    Dunkin Donuts
10. A&W
11. BMW
12. Cola-Cola
13. Hoka Hoka Bento
14. Honda
15. Suzuki


Keuntungan dan kelemahan

·      Keuntungan
Dari sisi penjual , tidak perlu repot-repot memperkenalkan produk karena sudah dikenal masyarakat.
Dari sisi pembeli ,pelayanan yang terjamin dan memuaskan.
·      Kelemahan
Dari sisi penjual , harga untuk membeli lisensinya relatif tinggi/mahal.
Dari sisi pembeli , harus cermat membedakan halal atau tidak untuk muslim (untuk franchising makanan), harga beberapa produk diatas terbilang cukup mahal


Manfaat

·      Memberikan warna baru dalam segi budaya
·      Mendatangkan keuntungan untuk franchisor & franchisee
·      Menginformasikan suatu produk luar pada masyarakat


Kiat Untuk Mempertahankan 

·      Mempertahankan dan atau memperbaiki kualitas pelayanan
·      Meyakinkan masyarakat bahwa produk yang dijual itu aman




16 Nov 2012

Tugas 5


Apa bedanya perdagangan Internasional dengan pemasaran Internasional ? 

Bedanya , perdagangan Internasional adalah transaksi jual beli atau perdagangan antara penduduk suatu Negara dengan penduduk Negara lain baik antara individu dengan individu , Individu dengan pemerintah maupun pemerintah dengan pemerintah.

Sedangkan Pemasaran Internasional yaitu system yang digunakan dalam perdagangan internasional.Penerapan konsep,prinsip,aktivitas dan proses manajemen untuk menjalankan suatu perdagangan internasional.

Dengan kata lain perdagangan internasional tidak akan berfungsi apabila tidak ada system pemasaran Internasional ,begitupun sebaliknya pemasaran internasional tidak berarti apa-apa jika tanpa perdagangan Internasional . Perdagangan Internasional dan pemasaran Internasional merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Apa alasan setiap Negara melaksanakan bisnis Internasional ?

Setiap Negara memiliki Sumber Daya yang berbeda-beda.Tidak semua Negara tanahnya subur,tidak semua Negara memiliki Teknologi canggih dan tidak semua Negara memiliki Sumber Daya Manusia yang berkualitas baik. Masing-masing Negara memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Contohnya Indonesia , Indonesia memiliki kelebihan dalam Sumber Daya Alam nya yang sangat subur tapi kekurangannya dibidang teknologi , sehingga Indonesia harus melakukan bisnis Internasional dengan Negara Jepang ,Amerika,Korea,Cina dan Negara-negara lain yang standar Teknologinya sudah jauh berada diatas Indonesia.

Jadi alasan setiap Negara melakukan bisnis internasional yaitu Untuk memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi karena faktor Sumber Daya yang tidak tersedia didalam Negeri melainkan di Luar Negeri.

Faktor Yang mempengaruhi Bisnis Internasional

1. Perbedaan Sumber Daya

Seperti yang telah dijelaskan diatas , setiap Negara memiliki perbedaan Sumber Daya.Untuk memenuhi kebutuhan yang tidak tersedia didalam negeri maka sebuah Negara harus melakukan bisnis Internasional.

2. Mencari Keuntungan Lebih

Agar seorang Individu atau pemerintah mendapat keuntungan lebih , maka produksinya mereka jual keluar negeri dengan harga yang lebih mahal dibanding harga dalam negeri.

3. Sarana Komunikasi dan Transportasi

Perkembangan jaman yang mencakup sarana komunikasi dan transportasi semakin mempermudah masyarakat dan pemerintah melakukan bisnis Internasional.

4. Kelebihan Produksi

Kelebihan produksi bisa saja terjadi dalam suatu pabrik atau perusahaan , untuk itu kelebihan barang dijual keluar negeri.

5. Kesamaan Selera

Adanya kesamaan selera , misalnya kesamaan selera terhadap sebuah merek luar negeri seperti Apple , Machintos . sebuah merek yang mendunia .